Best product

SBC FUTSAL CLUB

Publicado  Kamis, 17 April 2008

FORMATION TEAM

Hi Team…

Keliatannya selama ini kita main futsal selalu menggunakan “FORMATION” yang baku alias konvensional, baik team SEGAR maupun team BUGAR selalu menggunakan pola 2 di depan dan 2 di belakang disertai 1 kiper tentunya (pola 1-2-2).

Sebenarnya dari formasi/pola (1-2-2) tersebut diatas, bisa dikembangkan lagi alias bisa di fleksibel kan baik saat mulai pertadingan maupun saat tengah pertadingan dengan tentunya melihat kekuatan musuh yang dihadapi.

Berikut formasi yang bisa divariasikan lagi dari pola baku tersebut diatas :

Analisis :

Tugas B dan C cukup repot karena merangkap jabatan yaitu membantu pertahanan si A dan membantu serangan si D. Oleh karena itu B & C harus punya tenaga badak seperti Gattuso atau Flamini.
Waktu menyerang, si A TIDAK BOLEH melewati garis tengah lapangan untuk mengantisipasi serangan balik lawan. Dan waktu bertahan, si B & C harus segera merapatkan posisi sejajar dengan si A biar pertahanan lebih solid.
Si D segera menempatkan posisi di tengah dan apabila bola ada dikaki segera lakukan serangan balik cepat bila perlu dengan skill individu untuk melewati pertahanan musuh.

Analisis :

Formasi ini lebih difokuskan untuk memperkuat pertahanan, apabila musuh yang dihadapi cukup tangguh atau bisa juga diterapkan apabila selisih gol sudah cukup jauh (alias sudah unggul) dan team sudah kelelahan sehingga serangan cukup mengandalkan 1 orang di depan.

Si C cukup vital peranannya, karena merangkap semua jabatan yaitu aliran bola ke depan untuk si D dan juga membantu pertahanan Si A & B. Nah, si C ini harus punya tenaga badak dan juga harus bertenaga kuda dan juga brilian, bisa mengalirkan bola ke depan dan juga menyeimbangkan pertahanan biar kokoh seperti Fabregas dan Macherano.

Si D juga punya peranan yang cukup penting, harus punya skill individu yang mumpuni untuk bisa melewati back-2 musuh seperti yang diperlihakan oleh Messi ataupun Theo Walcot.

Selamat diterapkan dilapangan, saran dan kritik membangun selalu dipikirkan.

Bravo SBC-FUTSAL MANIAAAAK…..!!!!!!!

Posted by : KK

1 comments:

Oka mengatakan...

Formasi yang perlu dicoba, yang penting desiplin dan rajin mencari bola. Dan pemenang akan ditentukan siapa yang mepunyai stamina dan disiplin yang lebih kuat.